Design Pattern : Builder
Penggunaan
Memisahkan konstruksi dari objek yang kompleks dari sehingga proses konstruksi yang sama dapat membuat hasil yang berbeda
Memisahkan konstruksi dari objek yang kompleks dari sehingga proses konstruksi yang sama dapat membuat hasil yang berbeda
Contoh
Pattern ini digunakan pada restoran fastfood untuk membuat menu makanan. Menu makanan biasanya terdiri dari makanan utama, makanan tambahan atau snack, minuman. Banyak variasi menu dari makanan, snack dan juga minuman. Tetapi semuanya hanya mengulang ngulang proses pembuatan yang sama. Setelah customer memesan maka cashier akan memerintahkan kru restoran yang lan untuk membuat pesanan, pesanan jadi dan dibungkus dengan paperbag atau botol.
Misalnya pada restoran fastfood hanya memiliki burger dan minuman. Dan pada burger ada VegBurger dan ChickenBurger, pada minuman ada pepsi dan coke. Untuk burger akan di bungkus dengan Wrapper sedang minuman dibungkus dengan bottle.
Kita akan membuat Item interface yang mempresentasikan makanan dan minuman. Dan Interface packing mempresentasikan packaging dari makanan dan minuman.
Kita membuat class Meal yang memiliki ArrayList dan MealBuilder untuk mem-build tipe tipe berbeda dari objek Meal dengan menggabung gabungkan Item. BuilderPatternDemo sebagai Director dimana akan menggunakan MealBuilder untuk mem-build Meal.
Implementasi
Implementasi menggunakan Java dan source code dapat dilihat di
https://github.com/kevinfachreza/FastFoodPPLE
Sumber : https://sourcemaking.com/design_patterns/builder
https://www.tutorialspoint.com/design_pattern/builder_pattern.htm
Sumber : https://sourcemaking.com/design_patterns/builder
https://www.tutorialspoint.com/design_pattern/builder_pattern.htm
0 komentar: